Thursday, January 14, 2016

Resto Males Banget (Bonus Penawar)

Bismillah

Dengan sekedar membaca judul dan bermodal berfantasi random, bisa saja ada yang menyangka bahwa Saya sedang promosoiin resto baru Saya atau minimalnya dapet job review dari sebuah resto.  #ngarep. Hehe.. Tapi bukan, bukan itu.  Nah makanya, sebelum Saya berlanjut ke pembahasan, bagi yang menganggap bahwa postingan ini masuk kategori itu, maka pertama-tama dan utama sekali, Saya ingin menyampaikan dulu bahwa dalam postingan ini tidak sedang membahas itu.  Lagian siapa pula yang nyangka gitu? Heh? Hehe..  Dan walaupun suatu ketika di masa yang akan datang Saya bikin resto, rasa-rasanya nggak akan mungkin Saya kasih nama Resto Males Banget (Disingkat toMat? Atau ada usul lain? #eeeeh?). Dalam postingan ini Saya hanya ingin berbagi cerita alasan-alasan yang bikin males banget makan di sebuah resto versi Saya. Tentu ini di luar alasan karena nggak punya duit ya,  Pemirsa. Hehe... Ok. Udah deal ya arah dan topik pembahasannya? Lanjuuut…

Soto Medan. Kalau ini sih hidangan yang oke banget. Suka dah :D
Apa saja sih alasan yang membuat sebuah resto dimalesin? Males didatengin (lagi), males makan di situ (lagi), males lama-lama nongkrong bercengkrama di sana, pokoknya males segalanya dah. Jika pertanyaan ini diajukan ke Saya, maka Saya akan berkisah untuk menjawabnya.


Kisah pertama : Beda Rasa.

“Sup iga satu.”, pesan Saya kepada si Mbak-mbak waitress-nya, tanpa melihat ke daftar menu yang disodorkannya. Karena pada kesempatan terakhir (dan juga pertama) Saya makan di sini, Saya pesan sup iga juga dan rasanya LEZATTOOOS… Aseli.  Dagingnya empuuuk dan lumer di lidah (asli lebay), rempahnya juga kaya ragam dan pas komposisinya (Hadeuh.. Kayak yang ngerti aja. Hahaha…). Enak deh pokoknya mah.
Dan tak seberapa lama, pesanan pun terhidang.

“Gimana?”, tanya istri Saya terheran.  Mungkin karena melihat raut wajah Saya jadi agak lain ketika memasuki adegan suapan pertama.

“Kok rasanya beda ya?”, Saya pun menyuap untuk kali kedua.  Siapa tahu emang belum dapet rasanya.  Suapan ketiga, keempat dan kelima hingga suapan penghabisan.  Hedeh…  Tapi kok emang beda ya rasanya?  Makanannya sama, restonya sama, tapi kok rasanya beda? Jauh pula jomplangnya.  Masih mending kalau rasanya beda tapi masih dalam lingkup kategori enak. Lah ini? Beda dalam artian bukan positif.  Dan ini bukan terjadi pada kali kedua atau ketiga saja, bahkan kali keempat atau mungkin sampai kali seterusnya hingga tak berhingga.  Ujung serta akhirnya, Saya putuskan ini Resto emang bikin Males Banget! Confirmed! Kecuali kalau pesen menu lain, mungkin. Apalagi kalau dikasih grastisan. #teuteup #penawar

Kisah kedua : Rentang Lama.

“Soto ayamnya satu, jus alpukatnya satu tanpa susu, air mineral botolnya satu.”, pesan Saya.  Istri pun pesan, plus memesan untuk kedua krucil kami. Done. Sambil nunggu, Saya pun main-main sama anak-anak.  Main Plant and Zombie 2. #eh? Jalan-jalan aja sih sekitaran resto itu.  Kebetulan waktu itu pagi dan restonya pas banget di pinggir jalan.  Jadi bisa nongkrong sama anak-anak ngitungin berapa mobil Avanza  yang lewat dibandingkan CR-V. Heleh.. Balik ke meja, pesanan belum datang juga. Ah, masih 15 menit. Wajar.  Nunggu lagi, lewat 30 menit. Perut udah mulai terdengar tilawahan (ganti istilah keroncongan).

“Apa kelupaan ya pesanannya?”, tanya Saya dalam hati. “Kokinya ada kok.” Tadi lihat kokinya ada lewat menuju ke WC.  “Atau jangan-jangan kokinya ketiduran di WC?” Plis deh..

45 menit berlalu bahkan tak lama lagi mendekati satu jam, dan pesanan belum ada tanda-tanda akan terhidang.  Padahal, cuma kami sekeluarga dan seorang Polwan yang berkesemptan hinggap di resto itu.  Istri pun sudah beberapa kali nanya, kabar pesanannya gimana?  Cuma dijawab dengan wajah kalut oleh sang waitress-nya.  Hingga detik-detik menuju satu jam, pesanan datang juga.  Itu pun belum lengkap. Alamaaaaak!  Maka kemarahan pun dilampiaskan sama makanan.  Makan dengan lahap! Dikunyah cepat-cepat!  Hingga ludes tak bersisa.  Hahahaha.. Dalam hati pun berteriak, “Ini Resto Males Bangeeeeeeeeeeet!!!” sambil sendawa. Ngok.. Untung aja ada wifi gratisannya. #teuteup #penawar

Di perjalanan pulang, Saya bilang ke istri.
“Tadi tuh kayaknya waitress-nya tuh beli bahan-bahan dulu ke warung sebelah deh. Soalnya Aa lihat dia bawa bawang daun, seledri dan kayak ada bentuk ayam gitu dari warung.” Oh yaaa?  Benarkah praduga Sayaaa?  Hahaha.. So bisa jadi setelah pesanan ada, baru dibeli bahan-bahannya. Huajiiiiib dah! Resto luar biasa ini namanya. Hahaha… Kereeeen dah! Hehehe... #Clapclapclap

Kisah ketiga : Pelayan Jutek .
Kalau untuk yang ini, izinkan Saya untuk tidak berkisah.  Males banget ah soalnya.  Bikin teringat masa-masa suram pas mengalaminya. Soalnya banyak banget yang berkasus seperti ini.

Yup, oke deh.  Sekian saja postingan Saya kali ini.  Kalau ada yang nanya resto yang dimaksud apa namanya,  di mana alamatnya, yakinlah Anda akan tahu kalau mengalaminya sendiri.  #BukanJawabanYgDiharapkan. Hehe.. Sorry. Khawatir kena delik pencemaran nama baik :D Sekian dan terima kasih.

*****

6 comments:

  1. Pernah ngalamin kisah kedua, dan parahnya pas buka puasa. Alasannya krn rame, tapi sampe azan isya blm dateng juga makanannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka puasanya ga jadi pas isya kan? hehehe.. kalau lagi laper banget, Saya mendingan yang cepat saji saja kayak di Rumah Makan Minang. Tinggal diambilin doang.

      Delete
  2. ih paling sebel mah denagn pelayan jutek, kayaknay gak di training dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah menyaksikan fase2 menuju gulung tikarnya sebuah resto yang kurang dalam satu ini, yaitu pelayan jutek.
      Awalnya rameeeee, hingga sekarang malah sepi lengang. Makanannya Saya suka, enak. Tapi jutek pelayannya seperti trademark resto itu. Malah dari sekitaran 5 pelayan, semuanya jutek. males banget. Saya lihat mulai ada pembenahan, dengan tidak ada terlihatnya lagi pelayan-pelayan jutek itu bekerja. Tapi nampaknya sakit hati pelanggan belum sirna, sehingga sampai detik ini masih teramat sepi.

      Delete
  3. paling sebel kalau pelayannya gak ramah, tempatnya gak bersih, tempatnya bebas org merokok, juga kalau nasinya kerasa kurang mateng hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau ini sih males bangetnya lengkap banget. hahaha.. ga usah mikir2 lagi, tinggalin aja :D

      Delete