Monday, November 23, 2015

Hati-Hati! Resiko Sarapan ala Minang

Bismillah

Lontong gulai paku. Sarapan Saya hari minggu kemarin :)
Lontong pical, gulai paku, gulai cubadak, gulai toco, gulai tunjang, sate, katupek pitalah.  Kemungkinan besar inilah deretan makanan khas Minang yang akan kita temui ketika kita berkeliling mencari makanan untuk sarapan di Sumatera Barat.  Memang sudah mulai banyak ekspansi makanan sarapan dari daerah lain, seperti Bubur Ayam Bandung atau Soto Lamongan, tapi rasanya kurang afdhol kalau berkunjung ke Ranah Minang malah sarapan dengan makanan yang bukan khas Minangkabau.  Apalagi kalau kunjungan kita hanya sekali-sekali saja.  Tapi walaupun begitu, khusus untuk sarapan, Kita juga harus mempertimbangkan resiko sarapan di sini.  Resiko? Loh loh? Emang ada resikonya?  Hehehe..
  Agak lebay juga sih dibilang resiko.  Tapi ya biar sense of waspadanya muncul, maka kata ‘resiko’ sepertinya cukup untuk memperingatkan.  Bukan sebuah hal yang berbahaya sebetulnya.  Tapi bagi sebagian orang, hal ini harus diketahui.  Supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.  Apakah gerangan hal tersebut?  Yup, tak lain dan tak bukan terkait dengan ketahanan perut dan tentu juga selera masing-masing.

Deretan makanan yang Saya sebut di atas, yang notabene di sini sering dijadikan menu sarapan, memiliki karakter pedas.  Pedas?  Ya. Pedas!  Bagi kita yang tidak terbiasa dengan makanan pedas untuk mengawali hari, dijamin akan mules-mules.  Bisa dibayangkan betapa kuatnya perut orang-orang Minang ini.  Sarapan makan sate Padang yang salah satu bahan utama bumbunya adalah cabai merah.  Begitu juga dengan katupek pitalah yang merupakan kombinasi ketupat, gulai nangka muda, rebung dengan kuah santan bercampur lado (cabai giling).  Walaupun mungkin tak terlalu pedas di lidah, yakin deh akan terasa panas di perut. Begitu juga dengan lontong gulai paku (pakis), gulai cubadak (nangka muda) dan lontong pical.

Jadi teringat pas dulu ketika keluarga Saya datang untuk menghadiri resepsi pernikahan Saya (di Minang disebut : baralek/barolek) di Kota Solok Sumatera Barat.  Setelah perjalanan panjang dan sore harinya sampai di rumah calon istri Saya, paginya disuguhi sarapan untuk mengawali hari.  Maka dibelikanlah lontong gulai cubadak plus rendang daging.  Dan hmmmm… setelah itu mengantrilah Mamah, Teteh dan suaminya di WC kamar mandi.  Mencret.  Hehehe…  Biasanya memang, di keluarga Saya di Tatar Sunda, untuk sarapan paling anti dengan yang namanya pedas.  Makan buah sebelum sarapan saja bisa sakit perut, apalagi ini langsung dikasih pedas.  Sempurnalah perut mules dan panas.

Awal dulu ketika baru pertama  membiasakan dengan kebiasaan makan di sini, Saya pun mengalami hal yang serupa.  Sakit perut, mules, sampai mencret.  Teramat rutin menyambangi WC kamar mandi kala matahari baru saja bersinar menerang.  Tapi, karena sudah lama terbiasa, ketika makan makanan pedas untuk sarapan, tidak lagi sakit perut.  Malah ketika pulang kampung ke Banjar Jawa Barat, orang-orang suka terheran dengan sarapan pedas Saya.  Ruaarrr biasa, kagum mereka.  Padahal Saya merasa biasa saja. #RapiinPoni :D

*****

4 comments:

  1. memang kalo orang padang suka yang pedes2

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain kelangkaan dan mahalnya beras, kelangkaan dan mahalnya harga cabe merah jadi sumber kehebohan tersendiri. hehehe...

      Delete
  2. bukan hanya pedas tapi kolestrolnya luar biasa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu yang bikin enak, Bro. Kolesterol. Makanya di Bukittinggi, khusus didirikan RS Stroke. Hahaha,,,

      Delete